0
Dikirim pada 15 Januari 2014 di Teknologi

CANBERRA - Populasi lebah global kabarnya mengalami penurunan beberapa tahun belakangan. Peneliti mencari tahu apa yang menyebabkan turunnya jumlah populasi hewan yang membantu penyerbukan tanaman tersebut.

(baca juga: instal Opera Mini Di Android dengan mudah)

Dilansir Cnet, Rabu (15/1/2014), ada beberapa dugaan terkait penurunan populasi lebah, salah satunya penggunaan pestisida, parasit, malnutrisi serta penyakit. Penempatan chip di punggung lebah diharapkan memberi data yang  berguna untuk mengetahui penyebab menyusutnya populasi serangga tersebut.

Ilmuwan Australia dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) memasang chip kecil dengan teknologi sensor di bagian belakang tubuh lebah untuk memonitor pergerakan hewan ini. 

"Lebah madu memainkan peran penting dalam kehidupan keseharian kita," ungkap Paulo de Souza, peneliti CSIRO. Ia mengatakan, sebagian dari yang manusia makan bergantung pada penyebukan oleh lebah madu.

Lebih dari 5.000 lebah madu di Hobart, Australia dipasang dengan sensor RFID. Teknologi sensor ini bisa mengirimkan data ke alat perekam yang ditempatkan di sekitar sarang dan sumber makanan. Kemudian, data ini dikirimkan ke lokasi pusat.

(baca juga: tutorial cara instal instagram di android)

Metode ini memungkinkan ilmuwan untuk membangun model empat dimensi dari perilaku dan pergerakan lebah madu. Ilmuwan juga bisa mengetahui apakah serangga ini terpapar pestisida, atau memiliki penyebab kematian lainnya.

 

source:http://techno.okezone.com/



Dikirim pada 15 Januari 2014 di Teknologi
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah number1 ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 792.930 kali


connect with ABATASA