0
Dikirim pada 25 November 2013 di Lifestyle

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka Forum Budaya Duni aatau World Culture Forum (WCF) di Bali, Senin (25/11). Dalam kegiatan itu, presiden menyebut filosofi kunio, yakni Tri Hita Karana. Filosofi Tri Hita Karana mengajarkan harmonisasi hubungan antara manusia dengan Tuhan, dan antara manusia dengan lingkungannya.

(baca juga: Game HD Android Terbaik)

Filosofi tersebut, kata presiden, adalah kunci penting dalam keberlanjutan kebudayaan, dan sudah diadopsi selama berabad-abad di Bali.

“Kita harus mempertahankan sistem yang berkembang di masyarakat adat dan praktik-praktik pengelolaan lingkungan yang mendorong keberlanjutan ekologis,” kata SBY di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, sebagaimana dirilis situs resmi Sekretariat Kabinet. Forum yang berlangsung pada 25-27 November itu mengangkat tema “The Power of Culture in Sustainable Development”. Forum diikuti oleh perwakilan 40 negara di dunia dengan menekankan pertukaran pengalaman, informais dan pembelajaran budaya.

Selain Tri Hita, presiden juga menyalurkan enam pemikirannya dalam kaitan dengan budaya dan pembangunan. Pertama, kemajuan ekonomi yang seimbang dengan pelestarian lingkungan.

"Itu sangat diperlukan untuk mempromosikan nilai dan lingkungan," kata Presiden.

Kedua, pentingnya budaya inklusif untuk pembangunan berkelanjutan tersebut. Ketiga, adanya partisipasi perempuan untuk meningkatkan inklusivitas pmbangunan. Keempat, budaya sebagai sumber pendapatan yang bisa menciptakan lapangan kerja.

Dituturkan Presiden, menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), industri budaya kreatif merupakan sektor penting dan berkembang dalam konteks ekonomi global saat ini dengan pertumbuhan di berbagai belahan dunia.

Kelima, pembangunan mensyaratkan ketertiban dan stabilitas. Oleh karena itu, memelihara budaya perdamaian penting untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

“Saya berharap forum ini akan membantu kita lebih menghargai keterkaitan antara budaya dan pembangunan berkelanjutan. Saya juga berharap forum ini akan membantu kami dalam membentuk kebijakan dan strategi pembangunan berkelanjutan, dengan budaya sebagai pendorong,” lanjutnya.(baca juga: Harga Samsung Galaxy Tab Terbaru 2013)

Pada poin keenam, Presiden menekankan pentingnya kerjasama antarnegara dengan prioritas bidang kebudayaan.

 

Penulis: Ezra Sihite/ARD

Source: http://www.beritasatu.com/



Dikirim pada 25 November 2013 di Lifestyle
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah number1 ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 831.314 kali


connect with ABATASA